Syamsuar Tegaskan Keberhasilan Pemilu Ditentukan Partisipasi Pemilih

SIAK | Bongkarnews.com – Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada hajat demokrasi pemilihan presiden dan wakil presiden pada pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si mengajak kepada seluruh elemen agar mensosialisasikan tahapan pemilu kepada masyarakat.

Hal ini diungkapkannya saat memimpin rapat sinkronisasi penyelenggara pemerintah daerah Kabupaten Siak dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Siak di ruang rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis (13/09/2018).

Salah satu indikator yang paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses berjalannya tahapan-tahapan pemilu, khususnya dalam hal pengawasan atau pemantauan proses pemilu. Untuk itu dibutuhkan peran serta semua pihak dalam menyukseskan kontestasi Pilpres dan Pileg yang akan datang.

“Keberhasilan pesta demokrasi ditandai semakin meningkatnya angka pemilih, maka kita dianggap telah berhasil mensosialisasikan pemilu kepada masyarakat”, kata Syamsuar.

Syamsuar menjelaskan, tahun depan kita dihadapkan dengan lima pemilu yang pertama pemilihan presiden, kedua pemilihan DPD, ketiga DPR, ke empat DPRD Provinsi dan yang kelima pemilihan DPRD Kabupaten yang semuanya ini tidak hanya tanggung jawab KPU saja, namun tugas kita bersama untuk menyukseskannya. Dirinya berharap untuk Kabupaten Siak tidak ditemukan daftar pemilih ganda, bagaimana kita berusaha pemilu ini persoalan DPT ganda tidak terjadi.

Dengan keterbatasan KPUD diharapkan para camat dan pengulu agar segera mensosialisasikan tahapan pelaksanaan pemilu serta mengajak kepada semua masyarakat menggunakan hak pilihnya. Namun yang paling penting adalah dalam menghadapi pemilihan presiden ini adalah khususnya kepada camat, penghulu beserta lurah dapat menjaga suasana yang kondusif di tengah tengah masyarakat juga suasana yang menyejukkan.

“Camat dan penghulu itu ujung tombak, mereka lah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Saya mengharapkan di samping mensosialisasikan pemilu ini, para camat hendaknya menyampaikan, yang pertama masyarakat jangan terpancing oleh isu isu yang tidak bertanggung jawab yang dapat memecah belah, kemudian memperhatikan media sosial, jangan berita di medsos terlalu di percaya yang dapat menimbulkan keresahan”, ungkap Syamsuar.

Semakin bagus partisipasi pemilih maka kita dianggap telah berhasil mensosialisasikan pemilu, karena itu atas keterbatasan KPUD termasuk PPK Kecamatan tidak salah para camat, lurah dan penghulu untuk membantu mensosialisasikan tahapan pemilu ini. Sekaligus juga mengajak masyarakat agar berpartisipasi datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya”, pungkas Syamsuar.

Sementara itu Ketua KPUD Kabupaten Siak Sariman mengatakan, pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Siak berjumlah 269.427 jiwa yang terdiri dari laki laki berjumlah 138.570 jiwa sedangkan perempuan berjumlah 130.857 jiwa.

Sedangkan untuk TPS se Kabupaten Siak sebanyak 1.244 sementara itu Sariman melaporkan angka partisipasi pemilih pada Pileg tahun 2014 sebanyak 70,10 %, Pilpres tahun 2014 sebanyak 64,30 %, pemilihan Bupati tahun 2015 sebanyak 58,86 % terjadi penurunan, namun pada Pemilihan Gubernur tahun 2018 lalu terjadi peningkatan partisipasi jumlah pemilih sebanyak 61 %.

Sedangkan Caleg DPRD Kabupaten Siak yang akan mengikuti pemilu pada 2019 mendatang berjumlah 528 orang, mereka akan memperebutkan 40 kursi DPRD Siak terbagi di 4 (Dapil) daerah pemilihan.

Dari pertemuan yang berlangsung selama sehari penuh, membahas berbagai persoalan yang penting diantaranya permasalahan tentang daftar pemilih di perbatasan, pembebasan tanah wakaf, pembangunan MFO di kawasan Tanjung Buton, dimana lahan milik Pemkab Siak di klaim salah seorang warga serta pelaksanaan Tour de Siak tahun 2018.(Hms/Abb)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas