Ria Andari : Sosialisasi penerimaan Siswa Baru Jadwal Dan Kuota Zona wilayah Kota Metro - Bongkarnews

Sitename

Description your site...

Ria Andari : Sosialisasi penerimaan Siswa Baru Jadwal Dan Kuota Zona wilayah Kota Metro

Ria Andari : Sosialisasi penerimaan Siswa Baru Jadwal Dan Kuota Zona wilayah Kota Metro

PDA

METRO | Bongkarnews.com – Penerinaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 penerapan Zonasi yang berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa (radius kilometer) perlu penyelarasan dengan kuota, agar tidak menutup peluang pendaftar di sekolah prioritas.Konsep penerimaan zonasi siswa baru tidak hanya tingkat SMP, tetapi juga tingkat SMU yang diterapkan tahun ini sehingga perlu disosialisasikan secara maksimal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Metro Ria Andari mengatakan konsep zonasi berdasarkan peraturan menteri pedidikan dan kebudayaan RI no.14 tahun 2018. Penerimaan siswa baru tahun ini melalui kajian cermat untuk memenuhi rasa keadilan. Saat ditemui Bongkarnews.com diruang kerjanya kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota metro Ria Andari pada hari Selasa, (02/07/2018).

“Kalau pendaftaran penerima siswa baru kota metro jenjang TK (Taman kanak kanak) dan jenjang Sekolah Dasar (SD) mengunakan sistem manual, sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Online,” diutarakan Ria Andari.

Dinas pendidikan dan kebudayaan malalui kepala dinas dan diteruskan kepala bidang pendidikan dasar (Dikdas ) melakukan sosialisasi dari tingkat kecamatan dan kelurahan tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018.

Katagori PPDB dibagi 3 kuota, Katagori kuota pertama: dalam wilayah zonase (jarak radius terdekat) sekolah berada sebayak 90% ,katagori kedua: diluar zonase untuk didalam luar kabupaten/kota dan provinsi kuota sebayak 5%, katagori ketiga jalur prestasi kuota sebanyak 5%.

Pemetaan zonase dilakukan melalui jaringan google Maps. Adapun pembagian zone SMPN kota metro:

Sekolah SMPN 1 zona kelurahan metro, Mulyojati, Iring mulyo, Ganjar asri, Margorejo.

Sekolah SMPN 2 zona kelurahan Irongmulyo, Yosodadi, Yosorejo, Tejoagung.

Sekolah SMPN 3 zona kelurahan Metro, Mulyojati, Imopuro, Hadimulyo Barat, Hadimolyo Timur.

Sekolah SMPN 4 zona kelurahan Iringmulyo, Yosodadi, Yosorejo, Tejoagung.

Sekolah SMPN 5 zona kelurahan Rejomulyo, Sumbersari, Margodadi, Margorejo.

Sekolah SMPN 6 zona kelurahan Banjarsari, Purwoasri, Purwosari, Hadimulyo Barat, Hadimolyo Timur.

Sekolah SMPN 7 zona kelurahan Tejosari, Tejoagung, Margorejo.

Sekolah SMPN 8 zona kelurahan Karang rejo, Purwoasri, Purwosari, Yosomulyo.

Sekolah SMPN 9 zona kelurahan Mulyojati, Ganjar agung, Mulyosari, Sumber sari.

Sekolah SMPN 10 zona kelurahan Hadimolyo Timur, Yosorejo, Karangrejo, Purwosari.

Jadwal pendaftaran mulai tanggal 5 Juli sampai dengan 9 Juli 2018 pukul 8.00 WIB -pukul.12.00 WIB. Penerapan PPDB zona skala nasional untuk kota metro diharapan dapat merubah pemikiran masyarakat bahwa hanya sekolahan tertentu saja yang baik dan prestasi tetapi seluruhnya baik dan berprestasi.

Diharapkan dengan pemerataan seperti ini dapat meningkatkan kwalitas siswa didik kota metro. Hal ini dapat mensesuaikan besarnya dana yang digelontorkan untuk dikota metro sarana prasana di lembaga pendidikan sekolah sebanyak 25 miliar Pungkasnya.(Rizky)