Perlu Dipercepat Kemandirian AK-IPB Aceh Tamiang

TAMIANG | Bongkarnews.com – Akademi Komunitas-Institut Pertanian Bogor (AK-IPB) Aceh Tamiang yang memiliki tiga bidang studi yakni, Tekhnologi Industri Benih (TIB), Budi Daya Perikanan dan Tekhnologi Informatika (TI) dan telah beraktifitas mendidik para mahasiswa sejak tahun 2013 hingga sekarang, perlu dipercepat kemandiriannya agar menjadi Akademi Komunitas Negeri (AKN) milik daerah Aceh Tamiang sehingga tidak tergantung dengan IPB.

Percepatan kemandirian AK oleh Kemenristek Dikti ini sangat diharapkan daerah Aceh Tamiang, agar peran AK dalam mencetak almamater AK atau SDM almamater AK dapat terserap dalam percepatan pembangunan daerah. Dikarenakan keunikan AK dalam lembaga pendidikan, AK dapat membuat program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Desakan kemandirian AK-IPB menjadi AKN Aceh Tamiang juga disampaikan Muhammad Yani Wakil Koordinator AK-IPB Aceh Tamiang di Baroena Cafe, Kamis (18/10) Karang Baru.

Bacaan Lainnya

“Kita telah lakukan koordinasi via seluler dengan Pak Ridwan, Direktur Kelembagaan Kemenristek Dikti di Jakarta mengharapkan percepatan kemandirian AK” ungkap Yani.

Dari hasil pembicaraan tersebut lanjut Yani kembali, Direktur Kelembagaan Kemenristek Dikti berjanji akan melakukan rapat koordinasi dengan Bapak Menteri terhadap AK-IPB Aceh Tamiang.

“Minggu depan ini, mudah-mudahan sudah ada keputusan dari Bapak Menteri terhadap AK-IPB ini” ujar Yani.

Masih menurut Yani ketergantungan AK-IPB dengan IPB selama ini sangat menyulitkan bagi daerah, terutama dalam hal honorium pengajar (dosen). “Seperti saat ini, honorium dosen untuk dua semester terlambat dibayar, dikarenakan terjadinya pergantian manajemen di IPB dan sistim penganggaran di Kemenristek Dikti” ungkap Yani.

Dalam hal keterlambatan honorium dosen, Yani mengatakan sudah diajukan ke IPB dan ini menjadi tanggung jawab Ristek Dikti. “Pemkab Aceh Tamiang melalui Koordinator AK-IPB telah memfasilitasi percepatan honorium dosen dengan lakukan koordinasi kepada Ristek Dikti dan IPB, termasuk juga soal percepatan Kemandirian AK ini” ucap Wakil Koordinator AK-IPB Aceh Tamiang. (AY)

Teks foto : Muhammad Yani Wakil Koordinator AK-IPB Aceh Tamiang sedang memberikan keterangan pada sejumlah awak media.

Pos terkait