Peringati Hari Peduli Sampah, Pemko Medan Gelar Gotong Royong Bersama di Kawasan Danau Martubung

Medan | Bongkarnews.com- Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah Kota Medan menggelar gotong royong bersama di kawasan Danau Martubung, Kec. Medan Labuhan, Kamis (21/2).

Gotong royong bersama ini melibatkan personil dari Kodim 0201/BS dan para pemerhati lingkungan.

Selain bergotong royong membersihkan sampah-sampah yang ada di kawasan tersebut, kegiatan ini juga di isi dengan penanaman bibit pohon dan sarasehan dengan para pemerhati lingkungan.

Dalam kegiatan tersebut Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si bersama dengan Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Yuda Rismansyah berkesempatan untuk menanam bibit pohon di pinggiran Danau Martubung guna menambah keasrian Danau Martubung.

Melalui peringatan hari peduli sampah nasional ini Wakil Wali Kota Medan berharap seluruh masyarakat kota Medan bersama-sama menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing dengan cara bergotong royong dan mewadahi sampahnya secara mandiri. Sebab, hampir 50% sampah di kota Medan ini berasal dari sampah rumah tangga.

“Saya berharap masyarakat untuk rutin bergotong royong membersihkan sampah di lingkungannya masing-masing serta mewadahi sampah rumah tangganya secara mandiri, dengan begitu masyarakat sudah berpartisipasi dalam mendukung kebersihan kota Medan.”kata Wali Kota.

Disamping itu menurut Wakil Wali kota, kebersihan ini merupakan tanggung jawab bersama, Pemerintah Daerah hanya mengangkut sampah dari masing-masing rumah untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA), namun untuk mewadahi sampah nya adalah tugas dari masyarakat, sebab tanpa partisipasi masyarakat maka kebersihan kota Medan tidak akan bisa tercapai.

“Tanpa kepedulian kita bersama, mustahil kota ini akan bersih, karena itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus berpartisipasi mendukung kebersihan kota ini, minimal dengan mewadahi sampahnya masing-masing.”ajak Wakil Wali Kota.

Usai melakukan gotong royong, Wakil Wali Kota kemudian meninjau tempat pembuatan pupuk berbahan baku eceng gondok yang berlokasi tidak jauh dari lokasi gotong royong.

Turut hadir dalam gotong royong ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Khairul Syahnan,ST.MAP, dan Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Zul Fahri Ahmadi,S.Sos.(ft)