Pengelolaan LPJ Jl. Yos Sudarso Diharapkan Diserahkan Ke Pemko Medan

example banner

 Medan,BN- Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution, M.Si berharap pengelolaan Lampu Penerangan Jalan (LPJ) di sepanjang kawasan Jl. Yos Sudarso Medan agar segera diserahkan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan kepada Pemerintah Kota Medan, sehingga oleh Pemko Medan nantinya dapat dilakukan revitalisasi penerangan jalan di sepanjang kawasan jalan tersebut.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Walikota dalam rapat terbatas bersama BBPJN II Medan di Ruang Rapat II Kantor Walikota Medan, Jumat (28/4) mengingat tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan tindakan kriminal hingga menimbulkan korban jiwa.

Diterangkan Akhyar, bahwa selama ini pengelolaan penerangan jalan di sepanjang Jl. Yos Sudarso masih berada dalam kewenangan BBPJN II Medan sehingga Pemerintah Kota Medan mengalami kesulitan dalam melakukan pengelolaan penerangan jalan di sepanjang kawasan tersebut.

“Sejak tahun lalu sudah kita sampaikan surat ke BBPJN II Medan agar segera diserahkan kewenangan pengelolaan penerangan jalan di sepanjang kawasan Jl. Yos Sudarso tersebut. Kalau sudah menyangkut hajat hidup masyarakat Kota Medan, maka Pemko Medan harus turun tangan,” papar Akhyar yang didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Ikhwan Habibi Daulay.

Jika diamati di kawasan tersebut pada malam hari banyak terdapat LPJ yang tidak berfungsi, rusak  dan tidak terawat, sehingga berdampak pada ketidaknyamanan masyarakat pengguna jalan yang menyebabkan munculnya kecelakaan lalu lintas, aksi kriminal hingga pembegalan yang terjadi di sepanjang jalan tersebut.

“Pemko Medan akan segera membenahi lampu penerangan jalan di sepanjang Jl Yos Sudarso tersebut setelah adanya penyerahan kewenangan dari BBPJN II Medan. Untuk itu kami berharap dengan BBPJN II Medan dapat segera menyelesaikan urusan administrasi penyerahan kewenangan pengelolaan penerangan jalan di kawasan tersebut,” harap Akhyar.

Sebelumnya disampaikan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M. Husni bahwa kondisi eksisting saat ini, terdapat sebanyak 235 titik tiang penerangan jalan yang terpentang mulai dari Fly Over Yos Sudarso hingga ke Belawan.

“Dari jumlah tersebut tidak semuanya berfungsi, sebagian ada yang rusak, dan hilang. Ini semua akan dibenahi oleh Pemko Medan nantinya setelah mendapatkan pelimpahan kewenangan sehingga dengan adanya lampu penerangan jalan yang layak nanti dapat mendukung kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam beraktifitas terutama pada malam hari,” tutur Husni.

Dalam rapat tersebut, Kepala BBPJN II Medan yang diwakili Budi Armansyah menyebutkan bahwa pihaknya BBPJN II Medan siap menyerahkan kewenangan pengelolaan lampu penerangan jalan dengan kondisi eksisting yang ada.

Dirinya berharap urusan administrasi pelimpahan kewenangan ini bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini sehingga Pemko Medan dapat segera mulai membenahi lampu penerangan jalan untuk kebutuhan masyarakat luas. (ndo)

 

EPAPER BONGKARNEWS