Pemko Medan Gelar FGD “ Medan Menuju Smart City”

Medan ,BN- Selangkah untuk mewujudkan Smart City, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kominfo Kota Medan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Medan Menuju Smart City 2017”, di Hotel Grand Kanaya, Jumat (8/12).

FGD ini dibuka oleh Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Zain Noval S.STP. MAP, dimana dalam sambutan Walikota yang dibacakan Zain Noval mengatakan FGD ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk membahas pembangunan Kota Medan kedepanya agar menjadi Kota yang cerdas dan pintar dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai pendukung terwujudnya Medan sebagai SmartCity.

Bacaan Lainnya

Disamping itu, lanjut Noval, saat ini Pemko Medan juga terus berbenah untuk menjadikan Kota Medan sebagai kota pintar, salah satunya melalui pemanfaatan E-Government dan pemanfaatan aplikasi Medan SmartCity yang berbasis android.

“Dengan adanya Program SmartCity ini tentunya akan mendukung setiap aktivitas Pemerintah Kota, baik dalam hal pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, dan administrasi kependudukan,” kata Zain Noval.

Untuk itulah, melalui FGD yang diikuti oleh Pejabat OPD Pemko Medan ini, Noval berharap setiap Instansi mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Kelurahan memiliki acuan dan inovasi demi terwujudnya Kota Medan sebagai kota pintar.

“Mulai tahun 2017 kami terus menyempurnakan sistem IT kami agar terhubung keseluruh instansi mulai dari OPD hingga Kelurahan, untuk itu saya berharap melalui FGD ini kita dapat saling memberikan saran dan masukan demi terwujudnya Medan sebagai kota pintar sehingga pelayanan terhadap masyarakat Kota Medan dapat lebih cepat dan akurat,” harap Zain Noval.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kota Medan, Mansyursyah yang juga panitia kegiatan dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa data-data terkait dengan pengembangan Smart City yang ideal di Kota Medan.

Dalam kesempatan ini juga di undang sejumlah narasumber dari staff pengajar USU diantaranya Ikhsan Siregar, ST, M.Eng, dan Muhammat Anggiat Muchtar,ST.,MMIT. (ft)

 

Pos terkait