Pemkab Lampung Timur Turunkan Tim Medis dan Salurkan Bantuan Korban Tsunami

KALIANDA | Bongkarnews.com – Indonesia kembali berduka, Tsunami yang melanda pada hari Sabtu, 22 Desember 2018 sekira pukul 21.15 WIB di sekitar Selat Sunda mengakibatkan korban jiwa serta rusaknya sejumlah wilayah pesisir Provinsi Lampung maupun di Provinsi Banten.

Tanggap terhadap bencana Tsunami yang terjadi, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim perintahkan jajarannya untuk segera memberikan bantuan dan mengirimkan tenaga medis ke lokasi terdampak bencana.

Selasa, (25/12/2018), Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari yang didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Lampung Timur, Tarmizi, Asisten Bidang Administrasi Umum Lampung Timur Wan Ruslan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur Syamsurijal, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Lampung Timur Wirham Riyadi, Kepala Dinas Sosial Lampung Timur M Yunus, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lampung Timur Tri Pranoto beserta jajaran dan Kepala Bagian Humas Lampung Timur Mujianto langsung menuju lokasi sekaligus menyerahkan bantuan yang mana dalam kesempatan tersebut diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Lampung Selatan Priyanto Putro.

Adapun bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur untuk para korban terdampak bencana di wilayah Lampung Selatan antara lain beras sebanyak 570 Kg, mie instan 185 dus, air mineral 50 dus, minyak makan 2 dus, biskuit 2 dus, pempers 3 dus, serta paket bantuan berisi gula dan sarung sebanyak 200 paket.

Selain itu, di saat yang bersamaan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur juga mengirimkan 33 Tenaga Medis untuk membantu para korban terdampak bencana yang terbagi pada 4 lokasi yakni lokasi pertama di Pustu Canti sebanyak 6 orang, Posko Desa Maja 9 orang, Posko Desa Rajabasa 19 orang, dan RSUD Bob Bazar Kalianda sebanyak 8 orang.

Dalam wawancaranya, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menyampaikan rasa belasungkawa atas terjadinya musibah di Lampung Selatan.

“mudah-mudahan musibah ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita dan hikmahnya tali persaudaraan kita antar sesama akan semakin dekat dan marilah kita sama-sama mendoakan almarhum dan almarhumah yang telah mendahului kita agar diterima di sisi Allah SWT, diampuni segala dosa-dosanya dan bagi keluarga yang ditinggalkan dapat diberi ketabahan” ujarnya.

Lebih lanjut Zaiful menjelaskan, bersama jajaran Pemkab Lampung Timur telah berpartisipasi memberikan bantuan dan juga ada tenaga medis dalam rangka meringkan beban saudara kita di Lampung Selatan, selain itu dari dinas sosial baik itu dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) maupun dari BPBD bahu membahu bersama masyarakat Lampung Selatan melakukan penanganan serta evakuasi.

Dalam kesempatan tersebut tak lupa pula, pemilik sapaan akrab Bang Ipul itu menghimbau kepada seluruh masyarakat Lampung Timur untuk tetap waspada, namun jangan sampai termakan berita Hoax yang beredar dan meresahkan warga.

“Kita juga sudah menghimbau kepada masyarakat kita untuk tetap waspada namun jangan sampai termakan atau percaya berita-berita Hoax atau berita palsu yang beredar, tetapi tetap kita harus meningkatkan kewaspadaan kita karna yang namanya musibah kita tidak ada yang tau kapan datangnya” ujarnya.

Pada momen tersebut, Zaiful Bokhari beserta rombongan juga menyempatkan diri mengunjungi para korban terdampak bencana yang sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bob Bazar Kalianda dilanjutkan dengan mengunjungi desa terdampak Tsunami yakni Desa Kalianda Bawa Air Panas.(Rizky)

Redaktur (ofice)

Berani Mengungkap, Lugas Membahas