Museum Tionghoa Berantakan, Dispora Rohil dan Polisi Cek TKP

ROHIL | bongkarnews.com – Museum Tionghoa milik Pemda Rokan Hilir dalam keadaan berantakan, banyak barang koleksi hilang. Menanggapi hal ini Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dispora) Rohil Budiman ST langsung meninjau lokasi, Selasa (4/02/2020) bersama Kabid Ekonomi Kreatif Zakia Hada dan para staf.

Bagian pintu dan terali tampak hancur dan kaca-kaca berserakan diseluruh sisi. Bahkan banyak benda-benda bersejarah Tionghua hilang. Tidak diketahui siapa yang melakukan aksi ini yang jelas pihak Dispora sudah melaporkan kepihak kepolisian. Beberapa yang tampak hilang seperti Patung Harimau, Sepeda Ontel dan miniatur-miniatur.

“Kita dapat informasi langsung turun dan masih kita inventarisir barang apa saja yang hilang,” kata Budiman. Ia amat menyayangkan hal ini terjadi sebab seharusnya masyarakat bisa sama-sama menjaga apalagi ini Museum Sejarah yang diresmikan 6 Juni 2008 oleh H Annas Maamun ini.

“Memang dalam setahun terakhir Museum ini sudah tidak dijaga oleh penjaga malam. Tentunya ada hal teknis yang membuat sementara tidak dijaga. Aset tersisa kita amankan dahulu, bisa dikatakan hampir sebagian aset hilang dan sisanya akan kuta bawa ke kantor Dispora,” katanya.

Pihaknya juga sudah melaporkan hal ini ke Bupati dan Sekda Rohil untuk diketahui apa yang terjadi. Dilokasi dua orang petugas langsung diturunkan Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, yaitu Aipda Ramadhan dan Bripka Puji Anton.

Pihak kepolisian langsung melakulan olah TKP dan meminta pihak Dispora membuat laporan resmi dengan melampirkan aset-aset yang hilang.(Chan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *