Kecamatan Sidikalang Tuntas Salurkan BLT Dana Desa Tahap I, Desa Kuta Rakyat Bagikan BLT Dana Desa Sebayak 140 KK

DAIRI | bongkarnews.com – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi masyarakat yang terkena dampak pandemic Covid-19 di Kecamatan Sidikalang untuk tahap I (pertama) telah tuntas dibagikan. Penyaluran BLT Dana Desa tersebut untuk Kecamatan Sidikalang terakhir dilakukan di Desa Huta Rakyat pada Jumat (22/5) yang dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Danramil 02/Sidikalang Kodim 0206 Dairi Kapten Kav. Warsimin, Kapolsek Sidikalang AKP. J. Malau, Plt. Kepala Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Dairi Junihardi Siregar, Camat Sidikalang Robot Simanullang dan Kepala Desa Huta Rakyat Pander Sitepu.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dalam arahannya mengatakan dalam masa pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi saat ini, membuat pemerintah menjadi sulit dalam menjalankan aspek pembangunan. Selain menjadi terhambatnya aspek pembangunan, pandemi Covid-19 ini juga berdampak langsung kepada masyarakat dan roda perekonomian masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Baik pemerintah maupun masyarakat dalam posisi sulit ditengah pandemic covid-19 ini, di sisi pemerintah, keuangan yang sudah dianggarkan untuk pembangunan Kabupaten Dairi harus direfokusing untuk menghadapi covid-19. Keuangan yang direfokusing tersebut nantinya akan digunakan untuk membeli peralatan Kesehatan seperti alat rapid test dan sebagainya.” ujar Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Dairi juga menambahkan anggaran yang direfokusing ini juga akan digunakan nantinya untuk membantu masyarakat yang ekonominya terdampak serta untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, Eddy Berutu menginstruksikan kepada jajarannya khususnya kepada para Kepala Desa agar data nama nama penerima bantuan disajikan dengan data yang akurat dan diumumkan sesuai dengan data masyarakat yang benar benar membutuhkan.

“Data tersebut harus transparan, agar masyarakat dapat melihat nama-nama yang telah terdaftar, dan bagi masyarakat yang membutuhkan tapi belum terdaftar agar mendaftarkan dirinya kepada pemerintah setempat,” tegas Beliau.

Oleh karena itu, Bupati Dairi dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi yang telah bekerja dengan ekstra sehingga penyaluran bantuan ini dapat terlaksana dengan baik.

“Saya mengapresisasi yang setinggi tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi yang telah bekerja dengan ekstra sehingga pelakasanaan bantuan ini dapat terlaksana,” ujar Eddy Berutu.

Kerja keras yang dilakukan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Dairi tersebut dikatakan Bupati Dairi tak terlepas dari rasa kebersamaan dan gotongroyong sesuai dengan tema yang telah ditentukan yakni Mari Jaga Persatuan Kobarkan Semangat Gotong Royong.

Diakhir arahannya Bupati Dairi kembali menghimbau dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut agar selalu menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah mengingat hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan covid-19. Protokol kesehatan tersebut dikatakan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu diantaranya selalu pakai masker jika ingin keluar rumah, rajin cuci tangan dan tetap lakukan social distancing (jaga jarak) dimanapun kita berada.

Sebelumnya, Kepala Desa Huta Rakyat dalam laporannya mengatakan bahwa untuk Desa Huta Rakyat jumlah warga penerima BLT Dana Desa terdapat sebanyak 140 KK dan telah melalui tahap tahap yang ditentukan sesuai dengan prosedur. Para penerima bantuan di Desa Huta Rakyat menerima bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp. 600.000 dan akan diberikan secara bertahap selama 3 bulan, yakni bulan Mei hingga Juli 2020.

(BD.007)

Pos terkait