Gubernur Erry : Sumut Siap Tingkatkan Kerjasama dengan AS

Medan,BN- Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan maayarakat Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi, M.Si mengucapkan Selamat kepada rakyat Amerika Serikat atas terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45. Indonesia khususnya Sumatera Utara siap untuk melanjutkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan Amerika Serikat.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi,M.Si didampingi Kepala Biro Humas Pemprovsu Drs.Iliyas Sitorus, MPd  pada Acara Cocktail Reception 2017 New Leadership, Continuing Partnership di Konjen Amerika Serikat di Medan (25/1). Melalui Konjen Amerika Serikat di Medan, Gubernur mengajak melanjutkan dan meningkatkan kerjasama yang sudah dibina dan bangun selama ini.

Menurut Gubernur Sumatera bahwa Amerika Serikat memiliki sejarah panjang dengan Indonesia khususnya dengan Sumatera Utara. Amerika Serikat menurutnya telah lama mengenal potensi Sumatera Utara terutama dalam kerjasama perdagangan komoditas karet, kopi mandailing, kopi Sidikalang dan juga kepariwisataan.

Gubernur juga memuji berbagai program kerjasama pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia yang sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera Utara. Erry menyebutkan beberapa program kerjasama diantaranya melalui Lembaga USAID (United States Agency for Internataional Development) yang cukup banyak membantu pemeritah dan masyarakat Sumatera Utara di bidang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Pemerintahan bahkan Pemerintahan. Salah satunya program EMAS yang bertujuan meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit dan puskesmas bagi para ibu dan bayi yang baru lahir.

Selain itu menurut Erry Nuradi nilai perdagangan perdagangan Sumut ke Amerika Serikat tercatat surplus pada periode Januari-Agustus 2016. Gubsu mengharapkan dukungan Konjen AS di Meda untuk upaya mendorong peningkatan investasi AS ke Sumatera Utara. “Karena Sumatera Utara memiliki empat kawasan strategis nasional dan kedepannya diproyeksikan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Barat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menjelaskan program pemberantasan korupsi terintegrasi di jajaran Pemprovsu bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Program tersebut diantaranya menerapkan aplikasi E-Government dalam beberapa pelayanan untuk mempermudah dalam memberi pelayanan bagi masyarakat.

Sebelumnya Konjen Amerika Serikat di Medan Mr. Juha P. Salin mengatakan terima kasih atas kedatangan para tamu dan menyampaiakan Selamat Tahun Baru dan Selamat Tahun Baru Imlek bagi yang merayakannya.

Menurutnya bahwa resepsi tersebut dalam rangka merayakan dilantiknya Presiden terpilih  Amerika Serikat Donald Trump. Tujuannya untuk menjalin dan memelihara keharmonisan hubungan kerjasama antara Indonesia.dan Amerika Serikat.

Acara dihadiri para konjen negara sahabat yaitu India, Malaysia, Turki, Jepang, Timor Leste di Medan, Anggota DPRD Sumut, Wakil Walikota Medan, dan Wakil Bupati Sergei dan SKPD Pemprovsu.(ndo)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *