DPRD Medan Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ TA 2019

MEDAN I bongkarnews.com Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan,  Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan rekomendasi dan masukan yang disampaikan DPRD Medan akan menjadi acuan bagi Pemko Medan dalam mewujudkan susksesnya pembangunan kota. Terlebih dalam menjalankan dan meningkatkan kinerja setiap organisasi perangkat derah (OPD) di lingkungan Pemko Medan sehingga hasilnya dapat dirasakan masyarakat secara merata.

“Rekomendasi ini akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang semakin partisipatif, transparan dan akuntabel,” kata Akhyar dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Medan dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Kota Medan terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) TA 2019 di DPRD Medan, Selasa (19/5).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Akhyar mengungkapkan selama tahun 2019, banyak pencapaian yang dilakukan, namun dibalik itu harus disadari masih ada sepenuhnya yang belum tercapai. Hal-hal yang belum dapat diwujudkan merupakan tantangan untuk dapat diatasi secara sungguh-sungguh dengan kerja keras, lebih fokus dan tepat sasaran. Untuk itu kepada seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemko Medan Plt Wali Kota Medan meminta agar terus meningkatkan komitmen sebagai aparatur abdi negara dan abdi masyarakat.

“Dengan ini, seluruh pimpinan OPD harus memiliki komitmen kuat dan penuh untuk meningkatkan kinerja di tempat masing-masing. Hal ini adalah sebuah keharusan dan wujud tanggungjawab yang harus dijalankan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah di tengah-tengah mereka,” pesannya.

Kemudian, dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim SE, Akhyar mengaku akan menjadikan masukan DPRD Medan sebagai pertimbangan pokok dalam menentukan kebijakan dan arah prioritas pembangunan kota sehingga terwujud visi dan misi Kota Medan menjadi kota multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius. Selain itu, langka strategis yang dilakukan nantinya dapat meningkatkan citra pelayanan publik yang lebih baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Atas dasar itulah, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada DPRD Medan atas saran, masukan dan rekomendasi yang diberikan. “Kami yakin, upaya, langkah dan keseriusan bersama Pemko Medan bersama DPRD Medan serta stakeholder terkait dapat menjadikan Medan Rumah Kita menjadi lebih baik dalam segala bidang di masa-masa mendatang,” harapnya.

Sebelumnya Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, SE, berdasarkan laporan panitia khusus pembahasan LKPJ akhir tahun anggaran 2019, DPRD Kota Medan menyampaikan beberapa rekomendasi yakni terdapat beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang menjadikan adanya efisiensi anggaran sebagai salah satu alasan anggaran program kegiatan yang telah disetujui bersama tidak terserao secara optimal. Hal ini mengindikasikan masih perlunya perbaikan dalam sistem perencanaan program kegiatan dengan mengedepankan skala prioritas bagi program kegiatan yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat Kota Medan.

Selanjutnya, DPRD Kota Medan merekomendasikan agar tidak terjadi lagi tumpang tindih anggaran pada beberapa organisasi perngakat daerah dan memprioritaskan pelaksanaan program kegiatan yang benar-benar menjadi skala prioritas bagi kepentingan masyarakat Kota Medan. Terkait pemberian tunjangan kinerja kepada ASN di jajaran Pemko Medan, DPRD merekomendasikan agar diberikan secara terukur dengan memperhatikan riil performance dari masing-masing ASN sesuai dengan kompetensi dan jenjang pendidikannya melalui sistem e-kinerja.

Kemudian disampaikan Hasyim, ada beberpa rekomendasi agar kedepannya dapat mengevaluasi kinerja di masing-masing OPD. Hal ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan koordinasi antar OPD dan memberikan keadilan terhadap penyediaan barang dan jasa publik, menciptakan prioritas dalam penggunaan belanja pemerintah daerah serta menghadirkan dan meningkatkan transparansi pemerintah terhadap masyarakat Kota Medan.

“Kami berharap dengan adanya rekomendasi ini akan memperbaiki kinerja setiap OPD di Pemko Medan,” ungkap Hasyim di hadapan Wakil Ketua DPRD Medan Irwan Ritonga, Rajudin Sagala, Asisten Umum Kota Medan Renward Parapat, Kepala Bappeda Irwan Ritonga, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan serta para anggota dewan melalui video conference (vidcon).(ft)

Pos terkait