Bupati Dairi : Ada 2 Tempat Diusulkan Pemkab Dairi Lokasi Food Estate di Sumbul dan Alur Subur

  • Whatsapp

 

DAIRI | bongkarnews.com – Food Estate yang di usulkan Pemerintah Kabupaten Dairi ke Pemerintah Pusat ada 2 tempat yaiti di Sumbul Kecamatan Pegagan dan Alur Subur Kecamatan Tanah Pinem Provinsi Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu kepada wartawan dalam acara silaturahmi bersama sambil minum kopi panas di pendopo jalan Sisingamaraja Sidikalang, Kamis (30/9/2021), didampingi Kadis Kominfo Rahmad Syah Munthe, serta Kabid Informasi Komunikasi Publikasi Iswan Togi Raja.

Food estate yang diusulkan oleh Pemkab Dairi dengan Thema “Rempah-rempah” karena rempah-rempah di Kabupaten Dairi ini juga terkenal sejak jaman dahulu, seperti vanili dengan ekonomisnya sangat tinggi dan prosesnya tidak begitu sulit sekali, asalkan komoditi itu diperhatikan dan dirawat dengan baik, jelas Eddy Berutu.

Proses untuk mendapatkan food estate dari pusat bukan mudah, tetapi prosesnya panjang yaitu melalui team, dan team dari pusat itu harus terlebih dahulu melihat secara langsung ke lokasi yang ditentukan, apakah itu cocok tofografi tentang komoditi rempah-rempah tersebut, tentu ada penyesuaian daerah yang dituju, sehingga seandainya itu di akomodir pusat tidak akan sia-sia nantinya.

Disamping itu juga mengenai tentang pendanaanya harus disesuaikan dengan anggaran, apakah dari APBN atau APBD, namun tidak menjadi keharusan dari anggaran pemerintah, tetapi kalau ada tidak jadi masalah. Namun situasi pandemic covid-19 yang masih belum pulih tentunya diharapkan ada investor yang mau menanamkan sahamnya di Kabupaten Dairi yang kita cintai ini.

Seandainya nanti disetujui pemerintahan pusat food estate tersebut dan marilah kita saling berdoa kiranya hal itu terwujud untuk kemakmuran masyarakat Kabupaten Dairi termasuk di dua lokasi itu.

Dan diharapkan juga kepada para insan Pers dapat mendukung program food estate, termasuk program Pemkab Dairi ujar Bupati Dairi Eddy Berutu.

(BD.007)

Pos terkait