Sitename

Description your site...

script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';

BEM Unimal Gelar Seminar, Ketua KNPI Aceh Kupas Peran Pemuda Dalam Pembangunan

2657 KALI DIBACA
BEM Unimal Gelar Seminar, Ketua KNPI Aceh Kupas Peran Pemuda Dalam Pembangunan

LHOKSEUMAWE | BN – Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Universitas Malikussaleh Unimal menyelenggarakan seminar kepemudaan dengan tema “mempertegas keterlibatan pemuda dalam mewujudkan cita-cita membangun peradaban Aceh” selasa 3 Oktober 2017 bertempat di GOR ACC Unimal Cunda Lhokseumawe.

Seminar tersebut diikuti oleh ratusan peserta, mulai dari kalangan mahasiswa, pemuda dan beberapa tamu undangan dari pihak OKP, Ormas, instansi vertikal, Korem Lilawangsa, Lanal lhokseumawe, polres Lhokseumawe dan Aceh Utara, instansi pemerintah kota Lhokseumawe dan kabupaten Aceh Utara.

Acara dibuka oleh rektor universitas Malikussaleh, prof. DR. H. Apridar, SE. M.Si. seminar Tersebut di isi oleh narasumber/pemateri Wahyu Saputra (ketua KNPI Aceh), M.Furqan Firmandez (ketua HIPMI Aceh) dan Iskandar Zulkarnain, P.hd Yang merupakan akademisi Unimal juga pernah menjabat sebagai kepala dinas pemuda dan olahraga provinsi Aceh.

Ketua panitia Wahyu Saputra dalam sambutannya mengatakan kegiatan ditujukan kepada generasi muda dan mahasiswa untuk sadar diri dan memahami jiwa kepemudaan, dan sekaligus nantinya akan mencoba membahas apa tantangan pemuda Aceh kedepan juga menghadapi problematika bangsa. Oleh karena itu kita berharap dengan adanya kegiatan ini kaum muda Aceh bisa memahami dan konsen terhadap kepemudaan yang nantinya akan menjadi penerus generasi kedepan dalam membangun Aceh menuju yang lebih baik lagi kedepan.

Ketua BEM Unimal Muslem Hamidi dalam sambutannya mengatakan, seminar kepemudaan ini diselenggarakan sebagai bentuk wujud kepedulian kita sebagai pemuda Aceh yang bercita-cita membangun peradaban Aceh, karena kita tahu anak muda adalah tumpuan utama bangsa untuk melakukan perubahan, pemuda selalu berada di garda terdepan. Maka dari itu peran pemuda sangatlah penting, BJ. Habibie pernah berkata ” hanya anak muda sendiri lah yang bisa diandalkan untuk membangun Indonesia, tidak mungkin kita mengharapkan dari bangsa lain.

Pemuda harus selalu memberikan gagasan dan pemikiran positif terhadap kemajuan sebuah daerah, seperti hal nya di Aceh. Kita sangat mengharapkan peran pemuda dalam memajukan daerah, pemerintah daerah juga harus selalu mendengarkan masukan-masukan yang disampaikan oleh pemuda.

Kita berharap, dengan diselenggarakan nya seminar kepemudaan ini kita sebagai pemuda terjaga dan sadar diri bahwa keberadaan kita haruslah bisa menjadi pembawa perubahan.

Ada lima karakter yang harus dimiliki oleh pemuda untuk membawa perubahan bangsa ini ke arah yang lebih baik. Jika kita menginginkan negara ini maju maka mulailah dari kita sebagai pemuda Indonesia untuk kritis terhadap situasi yang ada, artinya kaum muda wajib memiliki kepekaan melihat apa yang kurang dan bagaimana cara memperbaikinya. Kemudian pemuda harus berfikir positif ( mindset nya harus baik) artinya kaum muda harus memiliki pemahaman bahwa meski ada banyak masalah namun pasti bisa di selesaikan sehingga kaum muda akan semangat berjuang dengan sikap optimis. Yang ketiga pemuda harus bertindak nyata karena bangsa ini tidak akan maju apabila Setiap ide yang kita miliki itu hanya tersimpan di kepala tanpa aksi yang nyata. Kemudian kita harus menularkan sikap positif pada lingkungan sekitar karena jika ingin membuat bangsa ini maju kita tidak bisa melakukannya sendirian, dan yang terakhir pemuda itu harus selalu mau belajar dan berinovasi.

Kurang lebih kelima karakter inilah yang dimiliki oleh Setiap pemuda di negara-negara maju. Apalagi kemauan untuk terus belajar dan berinovasi menjadi salah satu kesuksesan terbesar kaum millenials dalam memajukan negaranya. Kita berharap pemikiran pemuda Aceh bisa mencapai pada taraf setingkat dengan pemikiran-pemikiran pemuda di negara maju.(Rel)

Tags: ,
script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';
script type="text/javascript"> var uid = '184876'; var wid = '396385';