Belasan Ribu Warga Medan Sambut Pergantian Tahun

Medan ,BN- Meski tanpa pesta kembang api namun malam pergantian tahun yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan berlangsung meriah, Sabtu (31/11). Belasan ribu warga memadati lapangan seluas 4 hektar yang dulunya digunakan sebagai alun-alun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda tersebut. Tak pelak kehadiran warga yang menunggu detik-detik pergantian tahun ini membuat arus lalu-lintas di seputaran Lapangan Merdeka lumpuh total mulai pukul 23.30 WIB sampai  Minggu (1/1) dinihari  pukul 01.00 WIB.

Kemacetan baru terurai setelah warga satu persatu meninggalkan kawasan lapangan yang dulunya bernama Enlanden tersebut. Ditambah lagi kerja keras yang dilakukan petugas Satlantas Polrestabes Medan bekerjasama dengan Dinas Perhungan Kota Medan dalam mengatur arus lalu-lintas membuat kelumpuhan itu perlahan-lahan dapat diatasi. Tepat sekitar pukul 01.30 WIB, arus lalu lintas pun kembali normal.

Bacaan Lainnya

Untuk menyambut malam pergantian tahun ini, Pemko Medan menggelar dzikir dan doa bersama mulai siang sampai petang harri.  Sedangkan malam harinya mulai pukul 21.00 WIB sampai mendekati pukul 00.00 WIB, ditampilkan hiburan musik dan tarian etnik serta ditutup dengan doa lintas agama yang mendoakan agar Kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya tetap aman dan kondusif.

Di kesempatan itu Wali Kota Medan juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada sleuruh warga Kota Medan. Selain terus mendukung program pembangunan yang dijalankan, warga juga selalu menjaga keamanan dan ketertiban sehingga ibukota Provinsi Sumatera Utara ini selalu aman dan kondusif.

Kemudian Wali Kota pun sangat mengapresiasi kebersamaan yang selama ini terbangun dengan baik diantara pemerintah, masyarakat, stakeholder serta aparat keamanan yang terus bahu membahu menjaga keamanan dan kekondusifan di Kota Medan. “Untuk itu mari terus kita kawal tahun 2017 dan Kota Medan yang kita cintai ini sehingga bisa lebih sukses lagi pada masa mendatang,” pesan Eldin.

Kondisi seputaran Lapangan Merdeka  tak ubahnya seperti ‘lautan” manusia. Jangan berkenderaan roda dua, berjalan kaki saja pun sulit. Jalan-jalan yang ada seperti Jalan Kapten Maulana Lubis,  Jalan Raden Saleh, Jalan Pulau Pinang, Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan, Jalan Stasiun Kereta Api, serta Jalan Ahmad Yani dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan malam pergantian tahun.

Meski pun Pemko Medan tidak menggelar pesta kembang api namun  mereka tidak kecewa, sebab tidak sedikit masyarakat yang datang membawa kembang api dan menyalakannya tepat pukul 00.00 WIB sebagai ungkapan kegembiraan menyambut datangnya tahun 2017 diiringi bunyi klakson kenderaan bermotor roda dua dan empat serta tiupan terompet.(ft)

 

Pos terkait