Punggawa Indonesia ‘Serasa, S

MEDAN | bongkarnews.com – Paguyuban Pengusaha Jawa Indonesia atau disingkat Punggawa Indonesia merupakan paguyuban baru yang sedang pada masa konsolidasi dan pembentukan Pengurus Pusat untuk segera nantinya dilaksanakan pengukuhannya.
Hal ini disampaikan, Pendiri Paguyuban Pengusaha Jawa (Punggawa) Indonesia Halim Perdana kepada Wartawan Jumat, 05 Agustus 2022 di Medan.
Halim Menyampaikan bahwa saat ini belum ada paguyuban jawa yang berfokus pada pemberdayaan pengusaha jawa baik di daerah Jawa sendiri ataupun di daerah seperti Sumatera, Kalimantan serta daerah lainnya.
“Kami melihat adanya kebutuhan akan sebuah wadah untuk bisa mengakomodir kebutuhan para pengusaha jawa yang tidak bisa dipenuhi secara individu, untuk itu kami terpikir untuk membuat wadah ini (Punggawa Indonesia) yang bersifat independen dan tidak berafiliasi dengan parpol atau organisasi lain, dan saat ini sedang tahap konsolidasi untuk segera dikukuhkan kepengurusan nasionalnya”, Ujar Halim.
Diketahui, Suku Jawa menjadi suku dengan jumlah populasi terbesar di Indonesia. Berdasarkan data sensus penduduk BPS 2010 jumlah suku Jawa mencapai 95.217.022 jiwa atau sekitar 40,22 persen dari penduduk Indonesia.
Ditambahkan halim, “Pada masa sekarang, Sangat banyak orang Jawa yang mulai berbisnis. Mulai jualan warungan, toko, dan berdagang di pasar bahkan onlineshop juga hingga sudah tahap memiliki perusahaan lokal hingga nasional dan professional juga ada, Jadi para stakeholder perlu berbagi fokus dalam kepedulian terhadap suku jawa, dan kami memilih fokus pada mengembangkan pengusaha jawa”. Tuturnya
“Stigma bahwa suku jawa itu hanya pekerja kasar pastilah dilontarkan oleh orang orang yang tidak beretika, Perlu di ingat, eksistensi pengusaha jawa sudah ada sejak zaman majapahit, Bahkan lebih valid lagi saat berdirinya Serikat Dagang Islam (SDI) Tahun 1905 yang kemudian berganti menjadi Serikat Islam Tahun 1912 yang dipimpin HOS Cokroaminoto adalah untuk kepentingan pedagang di Jawa saat itu dan juga para founding fathers bangsa kita adalah suku Jawa semua jadi stigma itu adalah omong kosong belaka”.
“Kami berharap, warga jawa optimis untuk terus mengasah keterampilannya dalam berdagang atau berbisnis karena bisa memberikan manfaat yang luas untuk sedulur lainnya”,
“Melalui Punggawa ini kita akan melakukan kolaborasi konstruktif dengan berbagai pihak, mulai pemerintah, stakeholder dunia bisnis profesional hingga lembaga lainnya dalam tingkat nasional maupun internasional yang bertujuan agar ekosistem dunia usaha dan human resource kita siap untuk lompatan kemakmuran, seperti yang menjadi Visi pembentukan Punggawa yaitu “Gemah Ripah Loh Jinawi Tata Tentrem Kerta Raharja”.
“Dengan Motto “Serasa, Setekad, Selakon”, mari bersama kita mengembangkan diri, mari kita bersama berkolaborasi untuk bermanfaat, mari kita bersama menjadi punggawa untuk perekonomian bangsa kita, Jadi untuk para pengusaha jawa mari segera gabung di Punggawa melalui nomor ini : 082289842264’, Tutupnya.

(Rel)

Pos terkait