Menyambut Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Elemen Masyarakat dan SKPD Tobasa Dihimbau Aksi Bersih

  • Whatsapp

Balige, BN

Dalam rangka menyambut Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dipusatkan di Kota Balige Kabupaten Toba Samosir, pada tanggal 20 s/d 21 Agustus 2016, yang akan dihadiri Presiden Jokowidodo bersama 34 Gubernur se Indonesia, Pemkab Toba Samosir tampak mulai berbenah dan melakukan aksi bersih-bersih dengan bergotongroyong di sepanjang Jalinsum mulai dari Soposurung hingga Tambunan.

Bacaan Lainnya

example banner

Sejak dua minggu lalu setiap Sabtu, seluruh pegawai/ASN SKPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian telah memerintahkan melalui surat edaran untuk melakukan gotongroyong untuk membersihkan seluruh pinggir jalan raya bersama seluruh elemen masyarakat.

“Mari kita melakukan kerja nyata dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat Toba Samosir, sehingga kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ini terlaksana dan berjalan dengan baik,” ujar Bupati Tobasa belum lama ini pada rapat persiapan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balai Data Kantor BUpati Tobasa.

Karnaval Kemerdekaan Nasional yang merupakan sejarah bagi Kabupaten Toba Samosir ini seharusnya jangan dianggap main-main dan sangat dibutuhkan perhatian serius dari Pemerintah maupun elemen masyarakat Tobasa, karena mata dunia akan tertuju di Kabupaten Toba Samosir.

Tamu yang hadir diperkirakan 20 ribu lebih untuk menyaksikan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ini, segala tempat dan fasilitas perlu disediakan dengan layak. Mulai dari sarana prasarana, seperti penginapan para tamu, toilet, makanan dan minuman hingga sarana transportasi harus bisa dipastikan steril dan aman.

Untuk mengantisipasi kemacetan lalulintas, karena selama Karnaval ini berjalan pemerintah telah menetapkan menggunakan badan jalan utama Jalan Lintas Provinsi sepanjang 3 KM mulai dari Soposurung hingga jalan Juara Monang Balige. Sehingga diperlukan jalan alternative bagi pengguna jalan dari dan ke Medan, karena diperkirakan arus lalu lintas dari daerah ini akan ditutup selama lima jam.

Untuk memeriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, Tim Kreatif Kepresidenan menginformasikan akan melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan mempertunjukkan kesenian dan adat istiadat daerah Batak Toba.

“Kita akan menampilkan kesenian dan adat istiadat Batak Toba seperti pertunjukan gondang, ulos batak, tortor batak,” kata Ketua Tim Kreatif Kepresidenan MR Lumban Raja beberapa hari lalu di sela-sela acara rapat persiapan menyambut karnaval kemerdekaan pesona Danau Toba Tahun 2016 di Balai Data Kantor Bupati Tobasa.

Untuk menunjukkan kesan baik, indah dan rapi di sepanjang jalan kota Balige, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir telah menghimbau masyarakat agar memberikan kesan baik kepada para pengunjung yang datang dari luar Sumatera Utara.

“Ada ribuan pengunjung ke Tobasa nanti. Saat itu, obyek wisata di daerah ini akan dikenal, jadi sangan sampai mereka mendapat kesan jelek,” ujar Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus saat melakukan sosialisasi ke rumah-rumah belum lama ini di Balige.

Hulman Sitorus, menghimbau segala spanduk dan baliho yang masih bergantungan apalagi spanduk yang sudah habis masa berlakunya supaya dibersihkan. Juga kepada pedagang kaki lima di sepanjang pinggir jalan Balige  dihimbau untuk pindah tempat.

Masyarakat khususnya di Kecamatan Balige akan menjadi pusat kegiatan pada 20 s/d 21 Agustus ini, maka diminta supaya mempersiapkan diri dengan menjaga lingkungan bersih dan rapi, serta bersikap ramah, sopan dan santun.

“Terlebih kepada para pengusaha hotel, restoran, warung makan, warung jajanan, warung kopi dan pengelola pariwisata agar bersikap sopan dan ramah.,” tandas Hulman Sitorus.

 

Semoga acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang berjalan selama dua hari ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga melalui even Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba,  Daerah Tobasa dapat selalu dikenang, dan dimimpikan oleh  seluruh orang yang melihatnya. (AP)

 

Pos terkait