Kloter Pertama 2 Calon Jamaah dan 1 Petugas Ditunda karena Paspor tanpa Barcode

MEDAN –BN.

Kepala Bidang Pelaksanaan Haji dan Umrah Kementerian Agama  Sumut sekaligus sebagai Sekretaris Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Bahrum Saleh mengatakan , pada kloter pertama ini ada tiga orang tertunda keberangkatannya, yakni pasangan suami istri, Nasrun Tanjung dan Umi Kalsum Simamora serta seorang petugas haji.

Bacaan Lainnya

“Mereka akan diberangkatkan secepatnya dengan kloter yang berbeda,” kata Bahrum.

Sebanyak 390 calon jamaah haji Kloter I Embarkasi Medan yang berasal dari Padang Lawas berangkat ke Tanah Suci pada Selasa (9/8) siang. Namun, tiga di antaranya harus rela ditunda keberangkatannya karena masalah visa yang belum selesai

Dia menjelaskan, pasangan Nasrun Tanjung dan Umi Kalsum gagal terbang bersama peserta Kloter I lainnya karena visa sang istri yang belum keluar. Sang suami yang sebenarnya tidak memiliki masalah ternyata lebih memilih untuk menunda keberangkatan demi tetap bersama istrinya.

Persoalan visa yang dialami Umi Kalsum ini juga mengganjal keberangkatan seorang petugas haji. “Paspor mereka sudah ada, tapi belum ada barcode-nya,” ujar Bahrum. Untuk mengatasi masalah ini, Bahrum mengatakan, PPIH Embarkasi Medan telah menghubungi Kedubes Arab Saudi melalui surat dan telepon. Kepastian terkait keberangkatan ketiganya, kata Bahrum, akan diberikan pada Kamis mendatang.

“Kami sudah komunikasikan. Insya Allah satu atau dua hari ini mereka akan berangkat,” ujar nya.

Sementara itu, Umi Kalsum mengatakan kepada wartawan , ia sebagai manusia biasa, tentu  merasa sedih atas tertundanya keberangkatan mereaka. Ia  juga berharap, agar masalah  visa yang membuat terkendalanya keberangkatannya dapat segera terselesaikan.”Visa saya sudah keluar tapi nggak bisa diprint. Pada mulanya saya kecewa tapi mau gimana lagi,” ujar Umi.

Sementara, Nasrun Tanjung suami Umi Kalsum berharap dapat  diberangkat bersama Kloter II. Ia juga  tetap setia menemani istrinya dengan ikut menunda keberangkatannya. “Sebenarnya  visa saya tidak bermasalah. Namun karena istri saya masih terkendala saya harus menunda keberangkatanku dan disinilah letak kebersamaan kami untuk menjaga keharmonisan berumahtangga,” kata dia.

Keberangkatan jamaah Kloter I Embarkasi Medan hari ini dilepas oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nurradi di Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Medan. Sebanyak 390 jamaah yang berangkat sudah termasuk empat petugas haji. Mereka berangkat melalui Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut. (Nar)

Pos terkait