Bupati Ir. H. Soekirman : Pramuka sebagai Wadah Pembentukkan Watak, Kemandirian, Keterampilan, Persatuan dan Kesatuan

  • Whatsapp

Sei Rampah ,BN-

Jambore Pramuka Penggalang merupakan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang sebagai sarana pembinaan pramuka yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan.
Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabicab) Ir. H. Soekirman saat pelepasan Kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk mengikuti Jambore Nasional ke-X Tahun 2016 di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin Sore (8/8).

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam acara Wabup Sergai Darma Wijaya, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Drs. Joni Walker Manik, MM selaku Ketua Kwarcab dan Pimpinan Kontingen, kakak pembina dan pendamping.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengatakan Jambore Nasional yang diselenggarakan setiap 5 (lima) tahun sekali diharapkan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan anak bangsa yang beriman dan bertaqwa, menguasai iptek serta berjiwa Pancasila. Dalam kegiatan Pramuka ini diharapkan nantinya dapat membentuk watak, sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan untuk membentuk moral melalui Dasa Darma Pramuka dan Trisatya.

Bupati mengatakan, banyak sekali kegiatan kepramukaan bernilai positif untuk membentuk generasi yang berkarakter mulia, cerdas, ceria, beriman dan berpengetahuan yang nantinya menjadi teladan dimana pun berada. Didalam organisasi Pramuka kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah. Belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab serta belajar memimpin anggota lainnya. Semua itu menempa kita sebagai generasi penerus yang diharapkan bangsa dan negara, ungkap Soekirman.

 

pra2

Diakhir sambutannya, kepada Pramuka yang mengikuti Jambore agar bersyukur karena
sebagai perwakilan dan membawa nama Kabupaten Sergai. Untuk itu diharapkan agar kita semua memberikan pesan dan kesan yang baik serta dibarengi dengan prestasi selama mengikuti kegiatan ini. Disamping itu event ini dapat dijadikan wadah untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat kepada peserta Jambore Nasional dari kabupaten/kota yang lain. Dengan kita menginjak bumi perkemahan Cibubur sebagai Kawah Chandradimuka tempat para tokoh-tokoh Indonesia ditempah untuk berjiwa kuat dan tangguh serta pantang menyerah, maka gantungkan cita-citamu setinggi langit dan jadilah pemimpin, pungkas Bupati Soekirman.

pra3

Drs. Joni Walker Manik, MM selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sergai dalam laporannya menyampaikan peserta yang mengikuti kegiatan Jambore Nasional ini sebanyak  51 orang terdiri dari 18 pembina dan 33 peserta didik. yang dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. ( BUDI NAWAN )

 

Pos terkait