Bupati Bondowoso Adakan Kontes sapi

  • Whatsapp

Bondowoso,BN-

Bupati Amin Said Husni Adakan Kontes Sapi Sebanyak 149 ekor sapi hasil inseminasi buatan (IB) mengikuti kontes di lapangan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (11/8/2016).

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan unjuk keberhasilan dari sektor peternakan, selain itu juga sebagai  sarana komunikasi antar peternak serta proses pengembangan sapi dengan teknologi inseminasi buatan,” kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso, Lilik Setyowati disela-sela acara kontes sapi.

Lilik mengemukakan, Kontes Sapi hasil inseminasi buatan atau sapi kawin silang antara sapi jenis Limusin, Simental, Brahman dan sapi lokal yang dirintis sejak 1982.

“Sapi IB ini bisa lokal dengan Simental, bisa juga Brahman dengan Limusin, yang penting dikawin silang,” imbuhnya.

Hingga saat ini, dari populasi betina dewasa sebanyak 75 ribu, 60 persen sudah menjadi akseptor (peserta kawin silang). Sementara total  populasi seluruh sapi di Bondowoso mencapai 210 ribu ekor.

“Peternak sapi yang belum  melakukan inseminasi buatan biasanya terdapat di daerah pedalaman yang sulit terjangkau dan tingkat swadaya masyarakat rendah,” tuturnya

Pantauan Bongkarnews di lapangan peserta kontes sapi IB yang memiliki bobot terberat yaitu 1, 226 ton milik H. Imam Kuswono, warga Maesan.

“Saya memelihara sapi ini empat tahun yang lalu dengan bobot 3,5 kwintal saat ini mencapai 12 ton lebih. Saya kasi makan polar (bekatulnya gandum) ampas tahu, ketela pohon dan rumput sebagai makanan Pokok,” pungkasnya. (TK)

 

Pos terkait