PKK Dairi Kunjungi Desa Blang Malum Sebagai Desa Percontohan Hatinya PKK

DAIRI | bongkarnews.com – Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi kembali melakukan kunjungan dan pembinaan ke Desa Blang Malum sebagai Desa Percontohan Halaman Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK) pada Rabu (17/6/2020). Dalam masa Covid-19 ini pembinaan dilakukan di alam terbuka tetap dengan protokol kesehatan dan jumlah anggota yang hadir juga sangat dibatasi.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Romy Mariani Simarmata hadir langsung dalam pembinaan tersebut didampingi oleh Ketua Pokja III Kesti Angkat dan 1 anggota pokja III untuk meninjau langsung kegiatan Tim Penggerak PKK Desa Blang Malum khususnya dalam pemanfaatan pekarangan untuk hatinya PKK.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan pembinaan tersebut, PKK Kabupaten Dairi bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Dairi yang diwakili Kabid Penyuluhan dan Pelatihan Sukaedah Angkat SP untuk melakukan pembinaan Desa Percontohan Hatinya PKK. Dinas Pertanian melalui Penyuluh Pertanian (PPL) Eka Afriani SST memberikan pelatihan kepada Anggota PKK Desa Blang Malum tentang proses pembuatan MOL (Mikroorganisme lokal) dimana MOL ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan pupuk organik cair dan padat.

Pembuatan MOL dikatakan penyuluh pertanian dapat mengunakan bahan dari limbah organik rumah tangga seperti buah-buahan yang sudah tidak dikonsumsi lagi ataupun potongan potongan sisa sayuran, air cucian beras sebagai sumber nutrisi alami dan gula merah untuk glukosa.

Dengan adanya MOL ini, PKK Kabupaten Dairi dalam hal ini Pokja III, mengharapkan dapat dimanfaatkan ataupun digunakan oleh Anggota PKK Desa Blang Malum sebagai pupuk organik untuk tanaman dipekarangan. Dikarenakan larutan dalam MOL dapat berfungsi sebagai dekomposer, pupuk hayati dan sebagai pestisida organik yang ramah lingkungan.

MOL bermanfaat sebagai salah satu cara untuk mengatasi pencemaran lingkungan oleh limbah pertanian dan rumah tangga, memperbaiki kualitas tanah dan tanaman, memperkaya biota tanah dan menghasilkan produk yang aman dan sehat untuk mendukung pertanian organik.

Setelah selesai meninjau pelatihan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ny. Romy Mariani Eddy Berutu bersama dengan rombongan menyempatkan diri untuk melihat hasil kebun sayuran Anggota PKK Desa Blang Malum. Hasil dari kebun sayuran tersebut yang ditanam oleh Anggota PKK Desa Belang Malum merupakan bantuan bibit yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Dairi pada bulan April tahun 2020 yang lalu.

(BD.007)

Pos terkait