KPU Launching Pilkada Siantar 2020

SIANTAR | bongkarnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar menggelar launching Pilkada, di Lapangan H Adam Malik, Sabtu (23/11) sore. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM.

Togar yang membacakan sambutan Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM mengatakan, launching ini sengaja digelar untuk memberitahukan kepada seluruh warga Pematangsiantar mengenai dimulainya tahapan Pilkada tahun 2020. Juga memberitahukan, KPU telah siap melaksanakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Kepada KPU, Bawaslu, serta semua aparat yang terlibat dalam pesta demokrasi di Kota Pematangsiantar ini, mari kita bergandeng tangan guna menyukseskan acara besar ini dengan menjaga kondusivitas, menjaga keamanan, menjaga kenetralan, menjaga privasi, serta menghargai hak pada setiap pemilih,” ajaknya.

Masyarakat Pematangsiantar juga diajak menggunakan hak pilih sebagai warga negara.

“Saya yakin masyarakat Kota Pematangsiantar sudah cerdas siapa yang akan menjadi pilihannya. Jadi jangan ragu untuk menggunakan hak pilih Anda. Jadilah pemilih yang sportif, bijaksana, dan tidak mudah dipengaruhi,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua KPU Pematangsiantar Daniel Sibarani menjelaskan, Maret 2019 lalu KPU Pematangsiantar telah menerima surat dari KPU RI, yang menyebutkan Pematangsiantar ikut dalam Pilkada 2020.

Acara launching ini tersebut, lanjutnya, untuk menegaskan Pematangsiantar akan ikut Pilkada pada tahun 2020 sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, Pilkada Pematangsiantar tahun 2020 merupakan amanat UU Nomor 1 Tahun 2015 yang direvisi menjadi UU Nomor 8 Tahun 2015 dan UU Nomor 10 Tahun 2016.

Ilham mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar, eksekutif dan legislatif yang telah memberikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp21 miliar untuk Pilkada 2020.

Selanjutnya, dari Bawaslu RI, Friz Siregar mengatakan, hanya di Kota Pematangsiantar, dari Bawaslu RI dan KPU RI datang dalam acara launching Pilkada.

“Launching ini dihadiri KPU dan Bawaslu seluruh kabupaten/kota se-su
Sumatera Utara. Ini menunjukkan semangat kita bersama dalam menyongsong Pilkada tahun 2020,” katanya.

Tampak hadir Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Frans Khisin Panjaitan, Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, Ketua Partuha Maujana Simalungun (PNS) Minten Saragih, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda se-Kota Pematangsiantar, serta siswa/i SMA dan SMK se-Pematangsiantar. (Edward)

Pos terkait