Ketua PKK Dairi Berbagi Kasih Dengan Penyandang Disabilitas di Siempat Nempu dan Lae Parira

DAIRI | bongkarnews.com – Setelah melakukan aksi sosial dengan berbagi kasih di beberapa daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu kembali melakukan aksi sosial dengan berbagi kasih kepada para penyandang disabilitas pada yang ada di Desa Adian Nangka Kecamatan Siempat Nempu dan Desa Bulu Duri Kecamatan Lae Parira pada Selasa (16/6/2020).

Dalam kegiatan aksi sosialnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi membagikan sembako kepada para penyandang disabilitas berkebutuhan khusus yang dikunjungi bersama dengan Aliansi Perempuan Perubahan (APPD) Kabupaten Dairi.

Bacaan Lainnya

Di Desa Adian Nangka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi disambut oleh Camat Siempat Nempu Landong Napitu, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Siempat Nempu Juwita Sinulingga, Kepala Puskesmas Bunturaja dr. Eerste Honey R. Sianipar dan Kepala Desa Adian Nangka Josua Sinaga dan Tim Penggerak PKK Desa Adian Nangka. Di Desa Adian Nangka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi bertemu dan mengunjungi beberapa warga yang penyandang disabilitas berkebutuhan khusus, salah satunya adalah Viky Sinaga (23 tahun). Di dampingi oleh orang tua Viky, orang tuanya mengatakan disamping penyakit disabilitas yang dihadapi oleh Vicky, ternyata Vicky belum bisa membaca dan menulis.

Mengetahui hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata langsung meminta kepada Camat untuk mengirimkan guru yang dapat mengajari Vicky sehingga nantinya dapat belajar menulis dan membaca. Ketua Tim Penggerak PKK Desa Adian Nangka yang turut hadir dalam kegiatan tersebut langsung mengatakan siap dan bersedia untuk menjadi guru bagi Vicky mengajar menulis dan membaca.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata mengatakan Pemerintah Kabupaten Dairi sangat memperhatikan keluarga atau masyarakat yang berkebutuhan khusus.

“Untuk saat ini memang belum ada sekolah untuk yang berkebutuhan khusus seperti Vicky ini. Kita berdoa bersama sama semoga di tahun tahun yang akan datang akan ada sekolah itu sehingga orang orang yang berkebutuhan khusus seperti Vicky dapat menikmati pendidikan. Mereka juga berhak untuk hidup bahagia dan berhak untuk mendapatkan pendidikan,” ujar Beliau.

Ditemui disela-sela kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata megatakan kegiatan berbagi kasih ini dilakukan untuk menunjukkan perhatian kepada warga atau masyarakat Kabupaten Dairi yang penyandang disabilitas berkebutuhan khusus.

“Dari setiap warga yang kita kunjungi, puji Tuhan ada sukacita yang mereka rasakan walaupun ada rasa duka yang mereka alami. Disinilah Pemerintah diperlukan hadir untuk memperhatikan semua warga masyarakat karena siapapun mereka, mereka berhak atas kebahagiaan dan perhatian dari Pemerintah,” terang Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi.

Dengan adanya kunjungan tersebut, Beliau berharap dapat memberikan manfaat dan dampak bagi seluruh masyarakat luas untuk dapat saling berbagi rasa atau berbelas kasih kepada siapapun yang membutuhkan.

Camat Siempat Nempu dalam kesempatan yang sama menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata ke Desa Adian Nangka khususnya untuk berbagi kasih dengan para penyandang disabilitas. Camat mengatakan kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi adalah sebagai wujud dari bentuk perhatian Pemerintah terlebih ditengah pandemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini.

“Sentuhan Ibu Bupati (Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi) sangat berarti untuk menumbuhkan semangat baru bagi warga khususnya yang ada di Desa Adian Nangka ini,” ujarnya.

Usai mengunjungi Desa Adian Nangka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi kembali melanjutkan kegiatan berbagi kasih kepada warga penyandang disablitas yang ada di Desa Bulu Duri Kecamatan lae Parira. Di Desa Bulu Duri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi mengunjungi salah satu warga yakni Bapak Saor Sinaga dimana Bapak tersebut pada beberapa waktu yang lalu rumahnya telah direhabilitasi berkat bantuan dari APPD Kabupaten Dairi dan bantuan dari mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Dairi.

Di kediaman Bapak Saor Sinaga, Beliau juga bertemu dengan beberapa warga Desa Bulu Duri yang menurut pengakuan mereka belum mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah hingga saat ini. Camat Lae Parira Nelson Saragih yang hadir dilokasi tersebut mengatakan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi dan kepada warga tersebut akan segera melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait sehingga permasalahan dapat segera diatasi.

Selain bertemu dan menyerahkan bantuan kepada Bapak Saor Sinaga, Beliau juga bertemu dan juga menyerahkan bantuan kepada salah satu warga penyandang disabiltas, yakni seorang pemuda yang bernama Beni Sinambela.

Kunjungannya di Desa Bulu Duri diakhiri di salah satu rumah warga yakni Ibu boru Simanjuntak yang terlihat sudah sangat tua dan tinggal sendirian di dalam rumah yang berdindingkan kayu. Dari pengakuannya, Ibu boru Simanjuntak belum pernah mendapatkan bantuan apapun dari Pemerintah hingga saat ini. Mengetahui hal tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi langsung meminta kepada Camat lae Parira yang hadir di lokasi tersebut untuk segera melakukan langkah dan tindak lanjut sehingga Ibu boru Simanjuntak langsung dapat menerima bantuan dari Pemerintah.

(BD.007)

Pos terkait