4 Damkar Dikerahkan Semprot Disinfektan di Jalan Sutomo dan Merdeka

SIANTAR | bongkarnews.com – Direncanakan, Jumat (27/3/2020) Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk menyemprot cairan disinfektan. Penyemprotan diutamakan di lokasi yang paling banyak dilintasi warga, seperti Jalan Sutomo dan Jalan Merdeka.

Hal itu diterangkan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto SH saat rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Data Pemko Pematangsiantar, Kamis (26/3/2020). Rapat tersebut membahas antisipasi dan kesiapsiagaan terhadap Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Pematangsiantar dan kegiatan Posko di Kota Pematangsiantar. Rapat diikuti Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM secara teleconference dari rumah dinas walikota.

Bacaan Lainnya

Hefriansyah dari ruang kerjanya di rumah dinas walikota memerintahkan para lurah dan camat agar berkoordinasi dengan pihak Polsek, Koramil, dan Puskesmas agar terus menyosialisasikan sosial distancing. Selanjutnya, mengecek pendatang yang baru datang dari luar atau yang baru pulang dari perantauan yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar terus berkoordinasi dalam penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Pematangsiantar. Kemudian, terus melaporkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP), menyosialisasikan agar rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, dan yang berstatus ODP agar melakukan isolasi mandiri.

“Memantau orang yang keluar masuk Kota Pematangsiantar. Untuk tempat keramaian, saya berharap agar pihak Satpol PP bertindak tegas,” terangnya.

Sementara itu, Pj Sekda Pematangsiantar Kusdianto SH menjelaskan, dalam rapat telah disepakati sejumlah langkah yang akan dilakukan Pemko Pematangsiantar dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19. Di antaranya, Jumat (27/3/2020) sekira pukul 09.00 WIB, akan diadakan penyemprotan desinfektan menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran di tempat yang banyak dilalui orang, yaitu Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo.

Setelah penyemprotan, diadakan sosialisasi ke kecamatan dan kelurahan. Dalam sosialisasi, warga akan diingatkan apabila ada warga yang baru datang dari luar Kota Pematangsiantar supaya melaporkan diri agar jelas keberadaannya. Termasuk tujuannya datang ke Pematangsiantar dan setelah itu supaya memeriksakan diri.

Kepada Dinas Pendidikan, supaya selalu melakukan patroli untuk mengecek siswa yang harus belajar di rumah apakah berada di warung internet (warnet), biliar, Play Station (PS), dan tempat keramaian. Jika ada menemukan pelajar di tempat-tempat tersebut agar diperintahkan pulang ke rumah masing-masing.

“Satpol PP juga agar terus mengimbau para pemilik kafe dan tempat hiburan agar menghentikan kegiatan sementara waktu. Bila tidak digubris, akan dilakukan tindakan tegas dari Pemko Pematangsiantar,” kata Kusdianto.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, para Staf Ahli, Asisten, seluruh pimpinan OPD dan para camat se-Kota Pematangsiantar. (EP)

Pos terkait